Monday, May 19, 2008

I Have Cancer It doesn’t Have Me…

Itu adalah judul buku karangan R. Yuniko Deviana yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Bukunya kecil, berukuran 11x17,5 cm, setebal 120 halaman (termasuk sampul). Tapi kecil-kecil cabe rawit… Baguuuuus banget.
Beneran, isinya bagus semua, dari halaman pertama sampai halaman terakhir.
Banyak informasi serta tips yang sangat berguna. Semuanya ditulis dengan bahasa yang sederhana dan tidak bertele-tele.
“Enak ya, orang-orang yang sehat itu. Tidak seperti kita.” Saya beberapa kali mendengar gumaman dan ucapan dari teman sesama penderita dan mantan penderita kanker yang diucapkan dengan lirih dan sangat menyentuh perasaan seperti itu.
Bagaimana kita tidak tertarik untuk membaca lebih lanjut kalau Yuniko mengawali bukunya seperti itu.
Pengalaman Yuniko sebagai seorang penyintas kanker (cancer survivor) yang banyak berinteraksi dengan orang lain yang hidup dengan kanker adalah kekuatan buku ini. Yuniko tak berteori muluk-muluk, ia berkisah apa adanya.
Buku ini memberikan jawaban atas banyak keluhan dan pertanyaan yang berkecamuk dalam pikiran pasien penderita kanker seperti “Kenapa saya yang kena?” hingga “Mungkinkah aku sembuh?”
Inti buku ini tertulis dalam sampulnya: Kisah, Refleksi, dan Harapan Penderita Kanker. Inspirasi yang Membangkitkan Daya Hidup.
Berikut adalah petikan dari salah satu tips bagi yang sudah terkena kanker:
Belajarlah menerima penyakit kanker sebagai sesuatu yang biasa saja. Tidak untuk mengurangi kadar keseriusan mengobatinya, tetapi lebih pada upaya untuk membuat kita tidak bereaksi berlebihan.
Yuniko, 45, mengetahui bahwa ia terkena kanker payudara tahun 2002. Ia menjalani operasi mastektomi, dan kemoterapi. Optimisme membuat ia dapat menjalani hidup dengan produktif dan kembali aktif dalam pelatihan manajemen, mengajar dari satu kota ke kota lain. Ia adalah salah seorang pendiri CISC (Cancer Information & Support Center).
Jarang sekali ada buku asli terbitan dalam negeri yang mengupas tentang kanker, apalagi dalam bahasa yang membumi. Ini adalah buku langka yang berharga.
Buku kecil yang dahsyat ini pertama kali diterbitkan bulan April 2007 dengan harga jual Rp 18.500 dan dicetak ulang November 2007 oleh penerbit Obor.
Tersedia di Toko Buku Obor, Jl. Gunung Sahari 91 – Jakarta 10610. Telp. (021) 422 2369, Fax. (021) 421 9054, email: penerbit@obormedia.com.
Alamat CSIS adalah: Komp. Permata Kebon Jeruk D-2, Jl. Kebon Jeruk Raya 9, Jakarta 11530, Telp. 532 8149, Fax. 021-532 8150.

4 comments:

Anonymous said...

Thanks Sima udah nyantumin alamat emailnya Penerbit Obor, nanti aku kontak langsung ke sana deh.
Ah, jadi pengin bikin review buku juga :)

Anonymous said...

hi Titah...
semoga berhasil menghubungi penerbitnya yach. selamat memborong bukunya ... :)

Elyani said...

mbak Sima, kalau di Gramedia gak ada ya? pengen beli juga untuk teman yg kanker ovarium.

Anonymous said...

Ely, Gramedia PIM dan Bintaro ga ada tuh... Nggak tau ya kalo di Matraman ada apa ga.. Tapi mending telpon untuk kepastiannya.