Thursday, June 19, 2008

Halo pasien, di sini suster

Ada rumah sakit di London yang mempunyai layanan baru untuk pasien kanker berupa nasehat dan informasi cuma-cuma melalui telepon.

Layanan yang diluncurkan hari Jumat (23 Mei 2008) ini diperuntukkan bagi penderita kanker payudara dan prostat yang telah menjalani pengobatan di Guy's Hospital dan St Thomas' Hospital. Tujuannya adalah membantu mereka pada masa transisi dari “pasien” menjadi “penyintas” (survivor).

Melalui layanan bernama Surviving Cancer – Living Life ini, suster khusus kanker yang merupakan tenaga medis profesional, siap memberi dukungan bagi pasien berkenaan dengan aspek spesifik pengobatan mereka atau hal-hal lain terkait soal kesehatan.

Suster akan menghubungi pasien melalui telepon pada jam yang telah ditentukan. Tetapi pasien juga dapat menghubungi mereka jika memerlukan dukungan ekstra.

Program ini sesuai dengan Strategi Reformasi Kanker yang belum lama ini dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan.

Prof. Arnie Purushotham, konsultan kanker payudara dari Guy's dan St Thomas' berkata: "Layanan ini akan memberdayakan pasien dalam pemulihan kondisi mereka sendiri dan, sedapat mungkin, membantu mereka untuk kembali menjalani hidup secara normal.”

Kapan layanan seperti ini tersedia di Indonesia?

Tulisan lengkap;
http://www.medicalnewstoday.com/articles/108601.php

No comments: