Monday, July 25, 2011

Ayo, angkat ….

Satu.. dua… tiga…. Bismillah….



Begitulah aba-aba yang terdengar setiap kali aku digotong untuk dipindahkan dari tempat tidur ke kursi roda dan sebaliknya. Sudah lebih dari tiga bulan aku terkapar di ranjang. Sejak terjadi penekanan tumor pada sumsum tulang belakang, syaraf terganggu sehingga bagian bawah, dari perut hingga jari2 kaki mati rasa. Tak dapat digerakkan.




Dengan kata lain, aku lumpuh. Oh, sungguh suatu hal yang diluar dugaan. Bayangkan saja, hari Kamis pertengahan bulan April aku masih kerja di kantor, tapi hari Minggu kedua kaki sama sekali tak bisa berfungsi. Hari Senin ke RS Dharmais dan hari Selasa langsung menjalani operasi agar kondisi tak menjadi lebih parah.


Yach, aku masih bersyukur karena dari dada ke atas, kondisi masih baik. Otakku sama sekali tak terganggu sehingga aku masih dapat berfikir dengan jernih. Jari jemari tangan juga masih berfungsi normal sehingga aku dapat ngeblog..


Yang paling berat adalah menghadapi kenyataan bahwa aku yang tadinya sangat mandiri kini menjadi sangat tidak mandiri. Segala sesuatunya banyak tergantung pada orang lain. Bahkan untuk memiringkan badan ke kiri dan ke kanan saja masih sering dibantu. Tiap pagi dan sore si mbak yang merawatku membantuku mandi.. eh, bukan mandi, tapi hanya menyeka tubuh saja… (Oh,… alangkah rindunya aku akan guyuran air…) dan mengganti pampers (kayak bayi saja….).



Berbaring terus menerus membuat badan pegal bukan buatan.


“Supaya tidak pegal, setiap dua jam sekali, usahakan agar miring ke kiri barang setengah jam, lalu miring ke kanan,” begitu nasihat dokter.


Duduk di tempat tidur atau di kursi roda juga merupakan cara untuk mengatasi rasa pegal. Hanya saja, aku harus memakai brace kalau ingin duduk. Brace ini kurang nyaman dipakai dan bahkan kadang2 rasanya sakit. Karena itu biasanya aku hanya tahan duduk di kursi roda sekitar 2 jam.



Diperlukan minimal 3 orang untuk mengangkatku: si mbak, si mpok (yang setiap hari membersihkan rumah dan memasak) serta anak/keponakan mpok. Repot ya...



”Rasanya tambah berat nih,” kata mpok.



Memang aku tambah gendut, terlihat dari pipi, leher dan perut yang membengkak. Ini karena aku nggak bisa olah raga, gerakan sangat terbatas. Padahal makanku nggak banyak, lho. Aduh, harus diet nih. Maka mulai hari ini aku mengganti nasi dengan kentang. Di samping itu tentu saja terus menghindari daging dan gorengan serta banyak makan sayur dan buah.

15 comments:

Pucca said...

mana fotonya gak jelas sim, gak kliatan gendut kok, nasinya ganti nasi merah mungkin? kalo bosen makan kentang..

sima said...

ga keliatan gendut ya, vi? hehhee.. emang sengaja dibikin kecil biar ga keliatan.
bener juga ya, beras merah juga bisa bikin kurus. boleh dicoba kapan2.

Titah said...

kenapa takut gendut sima, dalam urusan kanker gendut mah kabar baik... kalo kehilangan berat badan baru boleh bingung... (golek bala, aku juga tambah gendut neh, hehee...)

Ferdinu said...

Betul mbak, bertambah berat badan bukannya lebih baik ya. Saya malah berkurang lagi nih, pdhal setelah kemo sempat naik. :( dibagiin ke saya deh kalo mau ngurangin berat badan. Hehe..

amd said...

Oh iya bener tuh, pakai beras merah, dan porsinya dikurangi sedikit. Tapi sedikit aja lho ya? BTW aku senangggg ada postingan baru hari ini. Lanjutkan, mbak! All de best for u :D

sima said...

@titah - sebenernya nggak takut, tapi kasihan tuh yg ngangkat sampai ngos2an... mungkin perlu xtra jos ya? hehehe..
@ferdi - dirimu kurang berat badankah? kenapa gerangan? apa ga doyan makan...? ayo makan yg banyak biar gemuk... nasinya diabisin ya...
@rita - dietnya kurang lancar nih, ada aja godaan .. termasuk mbak ret yg kemarin ngirimin mi ayam sama mpek2... (wah, termasuk makanan yg berbahaya tuh... icip2 aja deh... hehehhe..)

Ferdi said...

Ga tau nih mbak, dokter juga udah wanti2 soal berat badan nih. Saya sih cuek aja, yang penting happy...haha...ayo mbak, ketawa. :D

yik said...

Di sana makanan enak2 sih, jadi susah utk diet :( *ngiler ngebayanginnya nasi padang* Mb Sima rajin nonton TV nggak? Sudah jadi fans sinetronkah? ;-)

Elyani said...

Sima gak keliatan gendut kok, seperti kata Tita jangan sampai kurus. Si mpok pasti sudah biasa angkat berat, jadi gak usah kuatir ya :) Ayo banyak makan sayur dan buah. Aku kangen buah2an tropis seperti manggis, jambu air, rambutan, belimbing, mangga arum manis. Disini mangga kebanyakan berasal dari Peru atau Mexico. Aku kadang kepengen makan rujak, es campur, duh ngebangin aja sudah menetes air liur. Pengen tempe goreng, pepes tahu, sayur asem, ayam goreng kampung, lontong sayur..halah...bikin Sima ngiler aja! hehehehe! Salam manis dari Suneo yg semakin nakal.

sima said...

@ferdi - ayo ketawa. hahaha.. tapi awas lho, ketawa sendirian nanti bisa disangka..... (&%^%$$^####)

@yiyik - betul, banyak makanan enak di sini... soal nonton TV, aku nggak terlalu hobi, apalagi sinetron... tapi kalo lagi iseng, TV bagus juga buat hiburan, asal acaranya menarik.

@ely - ayo kemari kalo mau makan enak... hehehhe... tiap hari di depan rumah ada aja tukang jualan yg lewat, mulai dari bubur ayam, bacang, kacang ijo, roti, mi ayam, rujak, bakso.. sate, nasgor sampai kembang tahu. ada juga tukang servis payung, asah pisau, servis sepatu, permak levis (tk jahit keliling)... tapi ga semua lewat tiap hari.

Elyani said...

Sima, emang enak hidup di Indo..mau apa2 serba ada. Percaya gak aku sekarang bisa jahit, belajarnya dari youtube. Habis kalo mau potong jeans yg kepanjangan biayanya dihitung per kaki. Kan gak mungkin cuma motong jeans sebelah, yang satunya gak dipotong. Akhirnya aku beli mesin jahit dan mulai deh belajar bikin ini itu kecuali baju. Yang paling banyak aku bikin celemek dapur. Aku kan kerja di cafe, gak suka pakai apron putih. Saking banyaknya koleksi apronku..teman2 kerja menjuluki si apron addict! Tentang penjual makanan keliling, wah enak tuh kalo bisa begitu disini. Aku kalo mau makan bakso kudu bikin sendiri..waktu belum kerja sih sempat, sekarang kerja 6 hari seminggu 8 jam/hari..mana ada waktu? Lagin sudah keburu capek mau masak yg susah2 :(

sima said...

wow, Ely bisa jahit dan bikin bakso.. keren... aku pernah belajar jahit, tapi jarumnya patah melulu..

amd said...

waaa...jarumnya belum lulus sekolah, tu, Mbak Sima :D

sima said...

@amd - Rit, kamu mau bilang: yg blm lulus jarumnya atau yg jahit, tp sungkan ya? ha.h.h.a.a.a

amd said...

Iya yah,ternyata kita dan jarum jaitnya sama-sama nakal,hla kita kan mahasiswi abadi di University of Palmerah, bertahun-tahun gak lulus-lulus ni, he he he.